Kamis, 24 Desember 2015

Contoh PROKER (Program Kerja OSIS)

Asalammualaikum wr. wb.
Hai, kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan Istilah PROKER (Program Kerja), didalam Proker itu dalam keseluruhannya berisikan suatu Program yang akan dijalani satu tahun kedepan dalam suatu masa periode.
 
Berikut, penjelasan mengenai Apasih itu PROKER dan contohnya.
Berikut ini adalah contoh PROKER OSIS SMA.

Daftar Isi : 
1.     Penjelasan mengenai Proker Osis khususnya Sekbid 5
2.     Penjelasan mengenai Proker Jangka Pendek, berserta rinciannya
3.     Penjelasan mengenai Proker Jangka Panjang,  berserta rinciannya
4.     Kesimpulan keseluruhan.

1.             Penjelasan Mengenai PROKER OSIS khususnya Sekbid 5
Seperti yang kita tahu PROKER (Program Kerja) merupakan suatu program yang dibuat organisai OSIS, Program kerja ini selanjutnya akan dijadikan panduan untuk kerja OSIS satu tahun kedepan. Karena Sekbid yang saya Pegang Sekbid 5 ( Pembinaan Demokrasi, HAM, Dikpol, kepekaan, Lingkuan Hidup, dan Toleransi) maka dari itu program kerjanya lebih terfokus ke bidang HAM dan Pendidikan Politik di Lingkuan Sekolah.
Didalam PROKER OSIS satu tahun kedepan, saya bagi menjadi dua tipe yaitu jangka Panjang dan Pendek. Nantinya PROKER yang saya susun akan saya sesuaikan sesuai kemampuan OSIS, diharapkan PROKER yang saya susun dapat dijalankan sesuai pedoman yang saya buat.
2.             Program Kerja OSIS jangka Pendek.
Perihal Jangka Pendek, maka saya buat sesederhana mungkin sehingga bisa dijalankan secara cepat dan efektif

2.1  Pengaktifan kembali Kotak Suara serta memperbaiki sistem yang sudah ada.  
Dengan mengambil ide yang sudah ada “What’s is your Big Idea”, maka sebisa mungkin saya sebagai OSIS bisa menjembati antara aspirasi setiap siswa di SMAN 66 dengan Pihak Sekolah. Nantinya setiap Aspirasi siswa saya usahakan akan saya perjuangakan ke pihak sekolah.
2.1.1        Alokasi Dana
Mengenai Alokasi Dana, saya mengambil dana sepenuhnya dari Kas OSIS yang kami himpun tiap minggunya.
Poster                 : @Rp. 10.000 X 5     = Rp. 50.000
Kotak Aspirasi   : @Rp. 5.000 x 5        = Rp. 25.000
Total                                                      = Rp. 75.000
2.1.2        Tanggal Pelaksanaan
kami akan melaksanakan kegiatan ini dimulai dari Pertengahan bulan Januari 2016
2.1.3        Ancaman
Ancaman yang akan kami hadapi sebagai OSIS  kedepannya dalam pelaksanaan PROKER. pertama adanya sifat vadalisme atau pengerusakan properti OSIS ( Poster atau Kotak Aspirasi). Yang kedua adanya aspirasi aspirasi yang ditolak  pihak sekolah, mungkin dikarenakan tidak selarasnya pikiran siswa dan pihak sekolah.

2.2  Menjalankan mading yang sudah ada, serta memperbaiki sistem yang ada
Nantinya saya akan memperbaiki Sistem mading yang ada di Sekolah, nantinya mading tidak hanya sebagai tempat informasi, tapi juga sebagai tempat penyaluran Seni dan Bakat, baik itu setiap Eskur, Sekolah ataupun Individu. saya akan membuka peluang bagi siapa saja untuk menempelkan hasil karyanya di Mading mading yang sudah tersedia.
Selain itu kami juga akan berusaha menjaga karya karya yang sudah terpasang di Mading, dilihat dari pengalaman sebelumnya, banyak sekali siswa siswa yang merusak mading secara sengaja.
2.2.1             Alokasi Dana dan Tanggal Pelaksanaan.
Untuk alokasi Dana, saya berusaha mungkin menimalkan pengeluaran yang ada. Nantinya setiap karya karya yang dipajang merupakan hasil karya dari murid itu sendiri, jadi pihak OSIS tidak menanggung biaya nya. OSIS hanya  memberikan fasilitas serta berusaha untuk menjaga karya karya yang sudah terpasang.
Upaya untuk menjaganya. Karena ini merupakan hasil karya setiap siswa ataupun eskur, jadi kami sangat menghargai setiap karya karya itu, kami berusaha berkerjasama ke pihak guru, untuk memberikan nilai tambah pada bidang (Seni dan Bahasa ataupun pelajaran lainnya). Dan kami sangat menyesali kepada pihak pihak yang berusaha merusak mading ( Bersikap Vadalisme) kami sebagai OSIS akan berkerja sama dengan pihak BK (Bimbingan Konseling) untuk memberikan hukuman kepada pihak pihak yang berusaha merusak karya Siswa SMAN 66 Jakarta.
Untuk pelaksanaan nya, saya akan melaksanakannya sekitar pertengahan bulan Febuari. Sebelum pelaksanaannya saya terlebih dahulu akan memberikan sosialisasi kepada seluruh warga sekolah akan adanya Mading ini. Setiap karya yang ada akan kami sebagai OSIS akui keberadaanya.
3.             Penjalanan PROKER jangka panjang
Penjalanan PROKER jangka panjang

3.1 Mengadakan kegiatan yang bertakjub “Sayangi Bumimu”
Dalam PROKER ini, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengajak setiap siswa untuk peduli akan lingkungannya. Nantinya saya akan mengadakan kegiatan menanam pohon di SMAN 66, atau bahkan sekitar Lingkungan SMAN 66.
Cara mengajak siswa untuk lebih peduli akan lingkungannya, saya akan melaksanakan program program untuk mensosialisasikan PROKER kami yang satu ini. Salah satunya memberikan informasi via Media Sosial ataupun lewat Mading yang ada.
3.1.1 Alokasi Dana dan Tanggal Pelaksanaan
Untuk alokasi dana :
Biaya Sosialisasi
Poster = Rp. 10.000 x 5 = Rp. 50.000 (Masih Sementara)
Biaya Acara
·         Konsumsi : Karena saya belum tahu pasti jumlah pesertanya jadi saya belum bisa memastikan berapa pengeluaran konsumsi nya. Tapi saya memperkirakan sebesar ( Rp.1.000.000)
·         Pohon  untuk ditanam. : Sepenuhnya pohon merupakan hasil sumbangan baik itu dari pihak sekolah ataupun dari murid SMAN 66.
·         Perkap :
            Kantong Plastik Besar : @Rp.10.000 x 4 = Rp.40.000
            Biaya tak terduga lainya :                                 Rp.300.000
Total                                                                              Rp. 340.000
Jadi Total Biaya Keseluruhannya = Rp. 50.000 + Rp. 1.000.000 + Rp. 340.000 =
 Rp. 1.390.000
Tanggal Pelaksanaan
Untuk tanggal pelaksanaan akan dibarengi dengan Hari Bumi yaitu tanggal :

3.2 Mengikut sertakan Lomba Debat mengenai Pendidikan ataupun Politik dalam acara acara yang diselenggarakan Sekbid Sekbid lainya Seperti : Hari Kartini, Hari pendidikan Nasional dll.
3.2.1 Untuk tanggal pelaksanaannya kami akan mengikuti sesuai acara acara dari sekbid yang bersangkutan.
3.2.2 Mekanisme Pelaksanaan.
Untuk mekanisme pelaksanaan, nantinya saya akan melaksanakannya bersama dengan sekbid sekbid yang bersangkutan dalam pelaksanaan acara tersebut. Acara Debat tersebut akan bertemakan Pendidikan, Politik. Kenapa saya ingin melaksanakan acara tersebut dikarenakan, di SMAN 66 itu sendiri banyak siswa siswa yang pintar baik dalam ilmu Politik ataupun lainya, jadi saya sebagai OSIS ingin menyalurkan bakat mereka.
3.2.3 Biaya
Untuk biaya pelaksanaannya
Biaya perkap : Rp. 200.000 (Perbaikan alat bell, karton, lakban dll.)
Biaya promosi : @Rp. 50.000 x 4 = Rp.200.000

3.3. Acara Bakti Sosial ( Menjadikan Pemuda sebagai Senjata Bangsa )
Acara Bakti Sosial ini saya selenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kepekaan siswa siswa SMAN 66 mengenai lingkungan sosialnya, nantinya saya akan menghimpun sumbangan sumbangan baik itu berupa uang ataupun buku/baju, nantinya saya akan berkerja sama dengan Organisasi Anak Jalanan ( ). Saya akan membuat acara yang sangat berbeda dengan acara acara sebelumnya dari OSIS yang terdahulu. Saya akan mengajak siswa siswa SMAN 66 untuk ikut serta bergaul, bergabung dengan Organisasi Anak Jalanan ( ).
3.3.1 Alokasi Dana dan Tanggal Pelaksanaanya.
Untuk Alokasi dananya sebagai berikut :

Biaya sosialisasi ( Poster / Media lainya) : @Rp.50.000 x 4               =          Rp.    200.000
Konsumsi            (Hanya Perkiraan )       : @Rp.20.000 x 60 =         Rp. 1.200.000
Perkap                                                           :                                                 Rp.   200.000   
Total                                                                                                                Rp. 1.600.000
      Untuk tanggal pelaksanaanya akan diselenggarakan berbarengan dengan bulan suci Ramadhan.

4. Kesimpulan Keseluruhan

Kami atas nama OSIS SMAN 66, khsusnya saya sendiri akan berusaha semaksimal mungkin melaksanakan acara OSIS SMAN 66 sesuai yang kami rencanakan sesuai dengan PROKER (Program Kerja ). Tujuan kami ingin memanfaatkan Sumber Daya yang ada di SMAN 66, yang selama ini tidak begitu diangkat. Kami menginginkan semua orang memilik andil dalam kesuksesan SMAN 66 kedepannya, sesuaikan prinsip politik dan HAM ( semua orang memiliki Hak andil yang sama, tampa dibatasi oleh apapun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar